August 20, 2018

Ratusan Hektar Lahan di Sungai Sembilan Diduga Sengaja Dibakar


DUMAI, SUNGAI SEMBILAN - Serangkaian Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) yang terjadi diduga kuat ulah oknum tak bertanggung jawab. Mereka memanfaatkan kondisi cuaca panas untuk membuka lahan di Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Oknum tersebut membuka lahan dengan cara membakar. Dansubsatgas Karlahut Dumai, Letkol (inf) Horas Sitinjak menduga lahan gambut yang terbakar sengaja dibakar. Ada dugaan oknum tersebut meracuni lebih dulu tumbuhan di lahan yang hendak dibakar. Mereka pun membakar lahan yang mulai mengering.

"Kami sempat temukan racun tumbuhan di lokasi kebakaran lahan. Jadi kita duga kuat sengaja dibakar," tegas Horas kepada Wartawan di sela pemadaman, Minggu (19/7/2018).

Seratus hektar lahan di Kecamatan Sungai Sembilan sudah terbakar di sana selama lebih dari satu pekan. Ada lima titik api menyebar di dua kelurahan.

Titik terparah berada di Jalan Bunga. Luas lahan gambut yang terbakar di sana mencapai 50 hektar. Tim gabungan hingga Minggu masih berjibaku memadamkan api yang melahap puluhan hektar lahan di sana. Karlahut di Jalan Sinarwajo juga menjadi perhatian.

Lahan yang terbakar di sana mencapai 30 hektar. 75 personel gabungan TNI/Polri membantu upaya pemadaman di lokasi karlahut. (dow)

source : beritadumai