August 19, 2018

HUT Ke 73 RI, Pemuda Sungai Guntung Restorasi Tugu Proklamasi Kateman


INDRAGIRI HILIR, KATEMAN - Memperingati hari Kemerdekaan Ke-73, Pemuda Sungai Guntung secara bersama sama melakukan restorasi tugu proklamasi Kateman yang terletak di jalan Yos Sudarso (Dam) Sungai guntung. Pengerjaan yang telah dimulai sejak Kamis (9/8) ini baru rampung sepekan kemudian.

Salah satu penggagas kegiatan ini, Hendri arifin, mengatakan, "Tugu tersebut sudah lama tidak terawat dan disekitarnya sudah ada yang membuat tempat penimbunan pasir, jadi jika dibiarkan lama kelamaan bisa jadi timbunan material rumah.

Restorasi yang dilakukan mulai dari pemberian pagar tugu, pengecatan hingga pemasangan bendera merah putih di puncaknya. Kesemua material yang digunakan diperoleh dari hasil iuran bersama sama para peserta.

Hendri menambahkan,"rencananya pagar Tugu tersebut ingin kami buat lebih luas lagi dan di buatkan taman taman kecil untuk memperindah Tugu tersebut, namun terpaksa kami buat seadanya karena telah dijadikan tempat timbunan pasir di sekitarnya".

Masyarakat berharap Tugu tersebut bisa lebih diperhatikan lagi oleh Pemerintah, sehingga pemuda dan anak anak bisa mengenal lebih dekat sejarah Kateman dari keberadaan tugu tersebut.

"Di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 ini, kami melakukan kegiatan ini sebagai wujud partisipasi dan berkarya", tutupnya.(rls)

penulis : Awaluddin AR