May 10, 2018

Tradisi Balimau Kasai Akan Dijadikan Event Wisata Religi Kampar


KAMPAR, BANGKINANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar akan menjadikan agenda tahunan balimau kasai satu hari menjelang masuknya bulan Ramadhan sebagai untuk sebuah iven wisata religi.

"Kita akan mengemas acara balimau kasai nanti sesuai dengan tuntunan Kampar sebagai negeri serambi mekkahnya Riau. Kita akan bangun untuk sebuah iven yang besar," sebut Sekda Kampar Yusri saat memimpin rapat di kantor Bupati Kampar, Rabu (9/5/2018).

Karena menurut Sekda, kegiatan balimau kasai ini merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi oleh masyarakat Kampar, terutama yang berada di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar.

"Pemkab Kampar mendukung kegiatan ini, namum jangan disalah gunakan untuk kegiatan yang tidak bermanfaat dan dilarang. Begitu juga terhadap keselamatan dan ketertiban berlalu lintas, makanya kita melakukan rapat koordinasi antar instansi berkaitan dengan pelaksanaan balimau kasai ini," jelasnya.

Selain itu, Sekda juga meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat melaksanakan kegiatan penyambutan bulan suci Ramadhan ini dengan kegiatan yang bernuansa islami.

"Banyak yang dapat kita tampilkan pada iven balimau nanti. Saya juga menghimbau agar nanti tampilkan tentang kejayaan Kampar, baik itu sejarah islam, seperti Kampar sebagai gudangnya santri," ujarnya.

Sekda juga menyampaikan agar nanti pengunjung dan masyarakat maupun peserta karnaval seperti sampan hias dan sebagainya tidak menyalahgunakan kegiatan yang bertentangan dengan norma agama dan adat istiadat.

"Jauhi acara balimau nanti seperti mabuk-mabukan, musik-musik keras. Tapi jadikanlah sebagai momentum silaturrahim dan pembersihan diri dalam rangka menyambut bulan nan suci," kata Yusri.

Rapat menyambut menjelang acara tradisi balimau kasai ini dihadiri oleh Kepala BPBD M Yasir, Kepala Dinas Sosial M Amin Filda, Plt Kepala Dinas Pariwisata Heri Susanto, Plt Kepala Diana Kominfo Herry Indra Mulya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Hambali, Camat Kampar Amri Yudo, Kabag Kesra Setda Kampar Sasminedi Saleh, Tokoh Masyarakat Batu Belah Kecamatan Kampar Bakri dan Zufri.(dow)

source : www.beritakampar.com