May 25, 2018

Persediaan Melimpah, Harga Cabe di Tembilahan Cuma Rp 25 Ribu/Kg


INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Harga cabe merah di Pasar Selodang Kelapa (Terapung), Tembilahan, mengalami penurunan yang cukup signifikan memasuki pekan pertama Bulan Suci Ramadhan.

Harga cabe merah yang sebelum Ramadhan menyentuh harga Rp. 40 ribu per kg, pada pekan pertama Ramadhan ini turun menjadi Rp. 25 ribu per kg.

Menurut seorang pedagang cabe dan bumbu dapur di Pasar Selodang Kelapa, penurunan harga cabe ini terjadi karena melimpahnya stok cabe merah akibat masuknya cabe merah dari luar Kabupaten Inhil dan Riau.

“Sekarang sedang melimpah (stok). Cabe dari jawa banyak yang masuk juga, jadi bentrok dengan cabe minang dari Sumbar,” ujar Is (23) seorang pedagang cabe dan bumbu dapur di Pasar Selodang Kelapa, Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Kamis (24/5/2018).

Menurutnya, penurunan harga cabe merah telah terjadi pada seminggu terakhir ini, serta diprediksi akan naik kembali pada pertengahan Ramadhan.

“Awal puasa semingguan ini turunnya (harga cabe merah). Biasanya pertengahan baru mulai naik. Tapi tak tentu juga, naik turunnya mendadak. Bisa–bisa besok naik lagi,” tutur Is pada Wartawan.

Untuk harga kebutuhan dapur lainnya masih terpantau normal di Pasar Selodang Kelapa Tembilahan antara lain, cabe hijau Bukittinggi Rp. 25 ribu per kg, bawang merah super Rp 32 ribu per kg, bawang merah biasa Rp. 20 ribu per kg, bawang putih Rp. 24 ribu per kg, kentang Rp. 10 ribu per kg.(dow)