May 22, 2018

Mei ini, Warga Pekanbaru yang Terdaftar di Jamkesda Akan Diintegrasikan ke BPJS


RIAU, PEKANBARU - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengatakan masyarakat yang terdaftar di Jamkesda akan diintegrasikan ke BPJS.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy
Zaini juga mengklaim bahwa dengan pengintegrasian Jamkesda ke BPJS, maka pelayanan yang masyarakat dapatkan lebih maksimal. Jamkesda, kata Zaini, pelayanannya terbatas sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

"Kalau BPJS kan sistemnya gotong royong, yang sehat membantu yang sakit, yang mampu membantu yang kurang mampu. Jadi lebih maksimal (pelayanannya)," terang Zaini.

Untuk sumber pembiayaannya, Zaini mengatakan nantinya akan ada tambahan Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) dari APBN. Maka, dia mengatakan iuran yang sebelumnya ditanggung oleh daerah akan dialihkan menjadi tanggungan PBI APBN.

"Target kita Mei ini, sudah bisa kita usulkan agar diintegrasikan ke BPJS dengan PBI APBN. Sampai saat ini, angkanya sudah ada 43.839 orang. Ada juga yang masih belum kita integrasikan, dan kita masih menunggi data tambahan dari Dinas Sosial untuk dialihkan menjadi BPJS dengan tanggungan PBI APBN," pungkas dia.

"Ya, sekarang tinggal memverifikasi data saja. Target kita, ya Mei ini," tutup Zaini.(dow)