May 17, 2018

Islamic Center Siak Telah Lahirkan 513 Hafiz Quran


SIAK, DAYUN - Sekolah berbasis keislaman di Yayasan Sentra Islamic Center, Siak Sri Indrapura terus menunjukan perkembangannya. Untuk tingkat TK, rata-rata murid sudah menguasai juz amma, sedangkan untuk tingkat SD sudah hafal Alquran dari jus 1 hingga jus 5.

"Tingkat SMP dan SMA sudah ada yang hafal Alquran 30 jus. Komitmen manajemen yang menerapkan cara penghafalan yang efektif dan efisien itu membuat Islamic Center diminati banyak orang," kata Guru SMA Sains Tahfiz Islamic Center Siak, Muhammad Syahril, S.Pd, Selasa (14/5/2018).

Ia mengemukakan, untuk tingkat SMP, ada 2 orang pelajar yang sangat hafal Alquran 30 Jus. Mereka adalahTengku Muhamad Zaki, asal Kota Pekanbaru dan Rizki Rahmadani asal Siak Sri Indrapura. Sedangkan untuk tingkat SMA juga ada 2 anak dengan hafalan terkuat Alquran 30 jus, yakni M Andrian Syaf, asal kecamatan Dayun, kabupaten Siak dan Maulidi Toriq asal kecamatan Koto Gasib, kabupaten Siak.

"Puluhan bahkan ratusan anak lainnya juga sudah mulai hafal beberapa jus. Tinggal lagi kita melakukan pembinaan yang lebih baik lagi," kata dia.

Tidak hanya itu, Yayasan Sentra Islamic Center Siak Sri Indrapura tersebut baru saja menyelenggarakan Haflah Khotmil Quran yang kedua. Kegiatan itu dilangsungkan Sabtu (11/5/2018), akhir pekan lalu. Islamic Center mewisuda sebanyak 513 hafiz hafizah dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA.

"Daya hafal Alquran bagi 513 itu beragam. Tapi rata-rata mereka mempunyai banyak hafalan alquran," kata dia.

Ia menguraikan, dari 513 orang, murid TK berjumlah 43 orang namun sudah menghafal Alquran jus 30, murid SD sebanyak 350 orang, sudah hafal Alquran juz 1 sampai juz 5, dan pelajar SMP berjumlah 127 orang sudah hafal mulai dari juz 5 sampai juz 30 dan siswa SMA sebanyak 13 siswa sudah hafal 30 jus. Pada kegiatan Haflah Khotmil Quran tersebut, mantan bupati Siak Arwin AS turut hadir. Ia merupakan pendiri sekaligus pembina yayasan Sentra Islamic Center.

"Saya sangat bangga dengan anak-anak kita yang benar-benar sudah hafal Alquran. Kebanggaan ini bukan pada kami saja, bukan juga pada orangtua mereka saja. Melainkan kebanggan bagi kita bersama di kabupaten Siak ini," kata dia.

Arwin bertekad terus memajukan Islamic Center tersebut. Karena cita-citanya pada saat mendirikan Islamic Center pada saat menjabat bupati dulu, sangat dirasakannya hasilnya sekarang.

"Dari awal kita tidak menyangka, hasilnya akan sebaik ini. Saya yakin, kita akan semakin maju jika yayasan kita dikelola dengan baik, dan teknologi pendidikannya juga mengikuti perkembangan," kata dia.(dow)