May 12, 2018

Fakultas Hukum UPP Rohul Jajaki Kerjasama dengan Universitas Indonesia


ROKAN HULU, PASIR PANGARAIAN - Fakultas Hukum (FH) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, tengah menjajaki kerjasama dengan FH Universitas Indonesia.

Pada Senin (7/5/2018), Dekan FH UPP Zulkifli SH, MH, CLA, melakukan kunjungan ke FH Universitas Indonesia didampingi Wakil Dekan 1 Rise Karmilia, SH, MHum, Wakil Dekan 2 H Nofrizal Lc, MH, Wakil Dekan 3 Abdul Latif, SH, MH, Ketua Jurnal penelitian Hendri SH, MH, Kepala TU Akmal Yusuf SE, MM dan 11 Mahasiswa FH-UPP.

Rombongan dari FH UPP disambut ruang kerja Dekan oleh Dekan FH Universitas Indonesia Prof. Hj Melda Kamil Ariadno, SH, LLM., PhD, didampingi Wakil Dekan 2 Parulian Paidi Aritonang, SH, LLM, MPP, Kepala Sekretariat Pimpinan Meirani Suyawan, SH, MH, serta Manajer Kerja Sama dan Ventura FH Universitas Indonesia Endah Hartati SH, MH.‎

Pada kesempatan kunjungan tersebut, FH UPP dan FH Universitas Indonesia melakukan pembicaraan kerja untuk kemajuan FH UPP Rohul, dan menjadi agenda utama yang dibawa rombongan para Dekan FHUPP, seperti peningkatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi.

‎Dekan FH UPP Zulkifli mengatakan kerja sama dilakukan dalam dunia pendidikan dan pengetahuan hukum mahasiswa melalui perkuliahan dengan para guru besar FH Universitas Indonesia, penelitian dan publikasi bersama dosen, serta ketersediaan objek untuk studi lapangan bersama dalam pengabdian masyarakat di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Rohul.

Upaya Dekan FH UPP Zulkifli juga alumni FH Universitas Indonesia dan rombongan mendapat sambutan hangat dari Dekan FH Universitas Indonesia Prof. Hj. Melda Kamil Ariadno, SH, LLM, Ph.D, dengan membuka kesempatan untuk diakomodirnya usulan kerja sama tersebut.

Melda Kami juga mempertajam gagasan kerja sama dengan FH UPP Rohul, dan menawarkan beberapa program di antaranya magang dosen di FH Universitas Indonesia, perkuliahan mahasiswa FH UPP dengan guru besar dan pakar yang ada di FH UI dalam bentuk kuliah umum, serta perkuliahan video conference.‎

"Sedangkan untuk publikasi akan diarahkan dalam bentuk penelitian bersama antar dosen, dan memfasilitasi publikasi Dosen Fakultas Hukum UPP," jelas Zulkifli.‎

Dekan FH Universitas Indonesia melihat ada peluang peningkatan hasil kajian naskah akademik, melalui FH UPP dapat difasilitasi dengan FH Universitas Indonesia, sehingga pemerintah daerah dalam penyusunan peraturan daerah dapat menghasilkan solusi tepat sasaran guna memenuhi kebutuhan hukum masyarakat.

Manajer kerja sama dan ventura FH UI Endah Hartati S.H., M.H, menindaklanjuti arahan Dekan FH UI dalam kesempatan tersebut langsung merespon dengan menyusun rencana, serta tahapan untuk dapat segera direalisasikan penandatanganan perjanjian kerja sama antar fakultas hukum.

Mahasiswa FH UPP Rohul, Hendra, mengaku pengalaman berharga sungguh berkesan menyaksikan langsung moot court (peradilan semu), klinik hukum dan suasana aktivitas mahasiswa di kampus FH Universitas Indonesia.‎

Sementara, Wakil Dekan 1 FH UPP Rise Karmila mengaku sangat kagum dengan keterbukaan dan support dari Dekan FH UI, dan merupakan teladan yang menginspirasi. Ia berharap, kunjungan tersebut menjadikan kampus UPP besar seperti FH UI.

"Kita merasa berkewajiban dalam memajukan fakultas hukum di Indonesia," harap kandidat Doktor Hukum Selangor University Malaysia.

Adanya kerja sama dengan FH UI, harap Rise, ia yakin hal itu akan mampu mempercepat kemajuan FH UPP.

"Dan terpenting maju sesuai kompetensi yang diharapkan pada kebutuhan hukum masa depan," pungkas Dekan muda yang sudah bersertifikasi auditor hukum tersebut.(dow)

source : www.beritarohul.com