May 17, 2018

Balai Adat Air Molek yang Tak Terurus Sering Dijadikan Tempat Pacaran


INDRAGIRI HULU, AIR MOLEK - Kondisi gedung Balai Adat Air Molek di Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kian tak terurus. Hal ini terlihat dengan maraknya aktifitas pacaran yang dilakukan oleh anak-anak muda di lokasi Balai Adat Air Molek.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Inhu, Adila Ansori menegaskan bahwa pengelolaan gedung Balai Adat Air Molek di Kecamatan Pasir Penyu itu selayaknya dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

"Sekarang kondisi balai adat Air Molek sudah mulai tidak terurus dan mulai terlihat lusuh," ujar Adila Ansori, Selasa (15/5/2018).

Menurutnya, bangunan Balai Adat Air Molek itu bisa dimanfaatkan untuk menambah pemasukan daerah. Mengingat nilai yang terkandung di dalamnya dan juga letaknya yang strategis berada di Jalan Lintas Tengah.

Bila melihat kondisinya kini, pada malam hari lokasi Balai Adat tersebut masih minim penarangan. Sehingga lokasi dan balai adat itu sendiri dimanfaatkan oleh anak muda. Bahkan baru-baru ini pihak Kepolisian Polsek Pasir Penyu bersama masyarakat mengamankan sejumlah ABG yang lagi ngelem.

"Apabila dibiarkan terus, tentunya akan ada lagi ABG lainnya berbuat hal-hal yang diluar kewajaran di balai adat ini," tegasnya.

Untuk itu sebutnya, sudah seharusnya Pemerintah Kabupaten Inhu mengambil alih pengelolaan gedung balai adat tersebut. Selain itu, balai adat tersebut dapat dikembangkan lebih oleh Pemerintah Kabupaten Inhu sebagai salah satu pendapatan asli daerah. (dow)