April 30, 2018

Sekda Pimpin Rapat Pemantapan Persiapan Hakteknas


RIAU, PEKANBARU - Dalam rangka pemantapan persiapan pelaksanaan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 yang di pusatkan di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, hari ini Senin (30/4/18) dilaksanakan Rapat Pleno Panitia Nasional di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau. 

Agendanya yakni melakukan supervisi dan memantau progres dan kesiapan berbagai kegiatan panitia terkait dengan rangkaian kegiatan, pembagian tugas panitia pusat dan daerah, kelengkapan sarana dan prasarana lokasi pusat pelaksanaan hari puncak Hakteknas ke-23 pada 10 Agustus 2018. 

Rapat dipimpin Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi bersama Dirjend Penguatan Inovasi Jumaain Ap beserta jajaran. Termasuk Kepala Subdirektorat Kemitraan Strategi dan Wahana Inovasi yang juga wakil Ketua Harian dalam kepanitiaan Hakteknas, Kamsol. 

Rapat dihadiri sekitar 150 peserta yang berasal dari unsur Kemenristekdikti, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau dan kabupaten kota, perguruan tinggi, lembaga litbang, dan dunia usaha yang bergerak di sektor industri, perhotelan, pariwisata, usaha keratif, transportasi dan kuliner. 

Peringatan Hakteknas ke-23 diselenggarakan untuk menghargai dedikasi dan prestasi membanggakan seluruh komponen bangsa yang telah mengembangkan Iptek dan Inovasi untuk peningkatan kesejahteraan, daya saing dan kemandirian bangsa. 

"Tujuan dari Hakteknas ini tidak lain guna menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya iptek dan inovasi dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian membangun kolaborasi, sinergi peran dan fungsi berbagai stakeholder sebagai strategi implementasi kebijakan pemerintah berkenaan dengan hilirisasi dan komersialisasi hasil riset perguruan tinggi/lembaga litbang sebagai wahana promosi produk hasil inovasi berbasis potensi kearifan lokal," kata Dirjend Penguatan Inovasi, Senin (30/4/18). 

Adapun rangkaian peringatan Hakteknas ke-23 meliputi, bhakti inovasi yakni penanaman benih unggul, pembagian converter kita untuk nelayan, dan layanan inovasi lainnya). Kemudian talk show, workshop guru. 

Ada juga kegiatan ilmiah meliputi workshop, seminar nasional dan internasional, ritec-expo berupa pameran produk Iptek dan inovasi Nasional. Pameran Pembangunan dan Produk Inovasi Daerah Riau ada juga temu bisnis side event lomba foto, penulisan ilmiah malam apresiasi anugerah Iptekin, lomba inovasi nasional.(dow)