February 08, 2018

Pemkab Kampar Sangat Serius Raih Piala Adipura Tahun Ini


KAMPAR, BANGKINANG - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kampar optimis pada tahun 2018 ini bisa meraih Piala Adipura. Bangkinang Kota dinilai layak sebagai Ibukota kabupaten mendapatkan piala tersebut.

"Iya, tahun ini kita menargetkan meraih piala Adipura. Makanya kami dari dinas, setiap hari melakukan kebersihan di sekitar wilayah Bangkinang Kota," sebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Kampar Cokroaminoto kepada Wartawan, beberapa hari yang lalu.

Ia berharap kepada masyarakat dan stakeholder terkait bersinergi untuk meraih piala Adipura tersebut. "Persiapannya, kita meminta dimulai dari masyarakat, dan semua stakeholder terkait untuk bersinergi melakukan upaya-upaya kebersihan di lingkungan kota. Agar terwujudnya lingkungan kota yang bersih, indah, asri dan sehat berkelanjutan," himbaunya.

Cokroaminoto juga berwacana sampah yang organik dan non organik bisa digunakan untuk pupuk dan keterampilan.

"Caranya kita akan melakukan pengelolaan sampah, sumbernya dimulai dari sampah rumahtangga, pasar, pemukiman serta pertokohan. Lalu, pengelolaan sumbernya kita pila, yang mana dari organik, mana yang non organik, yang organik bisa diolah menjadi pupuk, dan yang non organik kita bisa kita bikin kerajinan," ungkapnya.

Selain itu, ia mengaku sudah menyediakan personil untuk kebersihan di wilayah Bangkinang Kota. Maupun persiapan armada kebersihan.

"Kalau personil untuk kebersihan di Bangkniang Kota sebanyak 200 orang. Sedangkan armada kebersihan sebanyak dua belas, sembilan armada beroperasi di Bangkinang Kota. Dan tiganya lagi beroperasi di Pasar Lipat Kain satu armada, di Pasar Danau Bingkuang satu armada, dan di Pasar Taratak Buluh," ungkapnya.

Untuk diketahui, penilaiannya untuk meraih piala Adipura akan dinilai dari pengelolaan kebersihan pasar. Dan objek-objek penilaiannya akan dinilai di Ibukota kabupaten.

Memang semangat meraih Piala Adipura telah tampak usai penerimaan selektif Adipura oleh Bupati Kampar H Azis Zaenal dari Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Rabu (2/8/2017) lalu di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta.

Penghargaan tersebut diperoleh karena Kabupaten Kampar dinilai berhasil dalam peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan hidup wilayah Kabupaten Tahun 2016-2017.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Bupati Kampar H Azis Zaenal pada acara Malam Anugerah Lingkungan tahun 2017.

Dengan keberhasilan meraih sertifikat Adipura ini, Bupati Kampar H Azis Zaenal berharap agar kedepan agar semua pihak berupaya agar Kampar meraih Piala Adipura. Tentunya, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait harus menggesa berbagai persiapan sesuai dengan ketentuan dan persyaratan penilaian Adipura.

Ia mengajak seluruh pihak meningkatkan kesadaran, sikap dan perilaku masyarakat Kabupaten Kampar untuk hidup bersih, sehat dengan lingkungan yang asri.(gun)