February 07, 2018

Peduli Lingkungan Masyarakat, Mahasiswa Biologi FKIP UIR Adakan Kemah Bakti


PEKANBARU, TAMPAN - Sebagai bentuk kepedulian lingkungan masyarakat, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan Kemah Bakti Sosial Masyarakat (KBSM) bertempat di Desa Pulau Terap Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar, Riau.

Dalam kegiatan yang digelar selama tiga hari, sejak tanggal 2 Februari 2018 hingga 4 Februari 2018 tersebut, setidaknya diikuti oleh kurang lebih 180 mahasiswa Biologi FKIP UIR. Dengan rincian peserta yang yang berasal dari mahasiswa semester 2 ada sebanyak 90 orang, dan panitia sebanyak 90 orang.

Wahyu Tri Ramadhan selaku Bupati Himap Biologi FKIP UIR kepada Wartawan, Selasa (6/2/2018), menjelaskan KBSM merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh Prodi Biologi FKIP UIR.

Pria yang sering disapa Wahyu ini menerangkan, kegiatan mendapat sambutan yang sangat baik oleh masyarakat sekitar.

"Ada empat tujuan yang ingin dicapai dalam mengadakan kegiatan ini. Pertama, menjadikan mahasiswa biologi yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena beliaulah pencipta alam semesta ini. Kedua, kegiatan ini bentuk pengabdian terhadap masyarakat dalam bentuk kepedulian lingkungan dan kesehatan. Ketiga, kegiatan ini bertujuan untuk pembentukan karakter mahasiswa biologi. Serta yang terakhir tentunya untuk mempererat silaturahmi keluarga biologi," terang Wahyu.

Wahyu turut menjelaskan, kegiatan ini mendapat support penuh dari pihak kampus UIR, terutama FKIP UIR. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pemotongan pita serta kata sambutan oleh Ketua Prodi Pedidikan Biologi UIR, Laili Rahmi, serta Wakil Dekan Kemahasiswan, Muslim, sesaat sebelum berangkat menuju ke Desa Pulau Terap pada hari Jumat lalu.

Untuk rincian kegiatan yang diadakan selama tiga hari tersebut, Wahyu menjelaskan kegiatan pertama yang dilakukan ialah penanaman pohon dan apotik hidup, serta melakukan penyuluhan di sekolah setempat.

"Yang lebih menarik lagi pada malam pertama KBSM berlangsung ada penerbangan lampion yang di terbangkan oleh setiap anggota kelompok peserta tenda," ujar Wahyu.

Sementara pada hari terakhir, peserta mengikuti kegiatan outbound. Kegiatan ini dilakukan untuk melatih kepercayaan diri peserta, mental, kekeluargaan, dan kebersamaan.

"Pada KBSM kali ini banyak hal-hal positif yang dapat diambil di dalamnya. Dengan adanya kegiatan ini, tidak ada jarak antar senior ataupun junior di Biologi FKIP UIR. Kita semua disini keluarga yang haru saling menjaga, menyayangi, serta menghormati," kata Wahyu.(gun)