February 12, 2018

Ditetapkan Sebagai Calon, Edy Nasution Resmi Lepaskan Jabatan Danrem


RIAU, PEKANBARU - Kepemimpinan Korem 031 Wirabima resmi berganti. Brigjen TNI Edy Nasution SIP yang sebelumnya menjabat Danrem, sudah menyerahkan jabatannya kepada Kepala Staf Korem (Kasrem) 031 Wirabima Kolonel Czi I Nyoman Parwata SE MSi MTr (Han), sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Danrem yang baru.

"Mulai hari ini, Pak Edy tidak lagi menjadi Dandrem, otomatis tidak ada lagi kedinasan di Korem, ini SK beliau," kata salah seorang tim pemenangan Syamsuar-Edy Natar, Tengku Zulmizan, sambil menunjukkan SK, usai penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau di kantor KPU Riau, Senin (12/2).

Sementara itu, Brigjen TNI (Purn) Edy Nasution merasa lega bisa meninggalkan jabatannya lamanya. Sehingga bisa fokus pada proses Pilgubri yang sudah mulai berjalan.

"Saya tegaskan bahwa seorang Prajurit TNI tidak boleh terlibat dalam politik. Apabila prajurit tersebut berniat maju dalam Pilkada dan Politik, yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari TNI. Maka keputusan itu sudah saya ambil," ucap Edy.

Langkah tersebut menurut dia telah mendapat restu dari Panglima TNI. Sehingga, untuk melenggang ke Pilgubri Edy diberikan surat pemberhentian dengan hormat oleh Panglima.

"Setelah Tanggal 12 Februari 2018 ini saya resmi menyandang gelar Purnawirawan TNI dan tidak boleh menggunakan fasilitas milik Korem 031 Wirabima lagi," ujarnya.

Keputusan tersebut, menyusul penetapan Edy Nasution sebagai calon wakil gubernur 2019-2024 mendatang. Edy juga diberhentikan secara hormat melalui Surat Perintah (SP) Nomor Sprint/229/I/2018 yang ditandatangani oleh Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri.

Kolonel Czi I Nyoman Parwata SE MSi MTr (Han) yang sudah mulai menjabat sebagai Plt Danrem 031 Wirabima mengatakan, penyerahan tanggung jawab Danrem telah dilaksanakan pada Minggu (11/2) lalu.

"Petikan keputusan Panglima TNI No. Kep/84/I/2018 tentang pemberhentian dengan hormat dari dinas keprajuritan TNI diberikan kepada Brigjen TNI Edy Nasution SIP. Karena beliau mengajukan pensiun dini dan sudah di setujui," kata I Nyoman saat ditemui di Korem 031 Wirabima.

Penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Danrem tersebut menurutnya dilaksanakan secara internal dan tidak dilakukan seperti kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab).

Dikatakannya, langkah yang diambil oleh Brigjen TNI (Purn) Edy Nasution untuk pensiun dini sangatlah tepat. Hal itu dikarenakan keikutsertaan Edy sebagai salah seorang kontestan pada Pilgubri 2018 ini.

"Beliau juga sempat berpesan agar Korem 031 Wirabima beserta jajaran menjaga netralitas selama Pilgubri. Saya akan jaga ini," pungkas I Nyoman.

Sebelumnya, Edy Nasution resmi ditetapkan menjadi calon wakil gubernur Riau oleh KPU Riau, bersama pasangan calon lainnya pada 12 Februari 2018.(gun)