sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » » » » Tour de Siak Rangsang Pariwisata Alam dan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

BERITA SIAK, SIAK SRI INDRAPURA - Pelaksanaan ivent go internasional yakni, Tour de Siak (TDSi) yang sudah tiga tahun berturut-turut dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak dibawah kepemimpinan Bupati Siak Syamsuar dan Wakil Bupati Siak Alfedri, ternyata mulai berdampak positif dan berjalan lancar.‎ 

Selain itu ivent tersebut juga masuk dalam kalender internasional agenda tahunan, dan lagi-lagi mengharumkan nama Kabupaten Siak dimata dunia.Ivent TDSi yang pertama digelar 2013 lalu, dan yang kedua digelar 2014, berjalan lancar tanpa adanya catatan khusus dari pihak penyelenggara.

Dan yang ketiga saat ini 2015‎ yang direncanakan digelar pada 15 hingga 20 September mendatang, Pemkab Siak telah menyediakan anggaran dalam APBD sekitar Rp2,6 miliar. 

Dan peserta diikuti dari 16 tim yakni tim dari dalam negeri sebanyak 7 tim, dan tim dari luar negeri sebanyak 9 tim yang tergabung berbagai negara dalam satu timnya.Sementara rute atau stage yang akan dilalui peserta TDSi yakni Rabu (16/9/15) stage 1 Siak-Simpang Dayun 3 laps-Siak, dan stage 2 Kamis (17/9/15) melintas Siak-Perawang-Siak.

Jumat (18/9/15) stage 3 melintas Siak-Sungai Apit-Siak, serta Sabtu (19/8/15) stage 4 hanya berkeliling Siak.Kamis (3/9/15), keterangan Sekretaris TDSi Syamsurijal, kepada riauterkini.com bahwa acara tersebut berlangsung pada Selasa (15/9/15) dengan agenda pembukaan Fun Bike, dan dilanjutkan parade atlet, serta pembukaan TDSi.

"Saat ini sudah banyak peserta yang mendaftar dalam TDSi, selain itu peserta luar negeri sudah ada juga yang memboking tiket pesawat untuk pergi-pulangnya. Dan mudah-mudahan acara berlangsung aman dan lancar," ujar Syamsurijal.

Selain itu, pelaksanaan TDSi yang sudah tiga kali berturut-turut dilaksanakan, tentunya membawa nilai tersendiri untuk pariwisata di Siak dan juga membawa rezeki tersendiri pula bagi masyarakat Siak. Khususnya para pedagang, banyak dari mereka mengaku saat acara TDSi penjualan atau penghasilan mereka naik hingga 100 persen.

"Kalau bisa di Siak ini tiap bulan ada ivent-ivent yang mengundang orang luar, sehingga Siak makin maju dan kami pedagang penghasilannya bisa bertambah," ujar salah seorang pedagang nasi atau rumah makan di Jalan Hangtuah.

Sementara untuk wisata alam, lintasan TDSi tersebut mengutamakan lintasan-lintasan yang alamnya menarik dan inprastruktur‎. Diantaranya yakni lintasan Siak-Perawang-Siak, peserta akan melintasi jembatan maredan atau Sultan Syarif Qasim II dan kondisi alam berbukit dan perkebunan kelapa sawit yang cukup indah.

Selain itu, lintasan Siak-Sungai Apit-Siak, peserta juga melintasi jembatan teluk masjid, dan juga alam yang asri, dan di Kota Siak sendiri, peserta akan berkeliling dengan sepedanya merasakan keramah tamahan masyarakat siak dan juga dalam menikmati indahnya Istana Siak dan jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah.(jim/rtm)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post