sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » » » Kampung Perawang Barat, Tualang Terima ADD Rp.4,6 Miliar

BERITA SIAK, TUALANG - Kampung Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau merupakan daerah yang mendapatkan jatah Alokasi Dana Desa (ADD) terbesar untuk tahun 2015 ini. 

Kampung yang memiliki penduduk terpadat di Kabupaten Siak itu mendapatkan Rp4,6 miliar, sedangkan daerah yang mendapatkan ADD terkecil adalah Kampung Tengah, Kecamatan Mempura sekitar Rp1 miliar.

Demikian dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Daerah (BPMPD) Kabupaten Siak Abdul Razak kepada GoRiau.com, Rabu (16/9/2015).

"Pembagian ADD ini berbeda-beda tiap kampung, hal itu dipengaruhi jumlah penduduk, jumlah warga miskin dan jarak ke ibukota kabupaten. Dari 132 kampung, Perawang Barat mendapatkan jatah ADD terbesar dan Kampung Tengah terkecil di Siak," kata Razak.

Dari Rp170 miliar ADD yang berasal dari APBD Kabupaten Siak tahun 2015 ini, seluruh kampung sudah menerima pencairan tahap pertama sebesar 30 persen. Sedangkan untuk tahap kedua, masih dalam proses kelengkapan administrasi.

"Untuk tahap kedua akan dicairkan 40 persen, sampai kemaren sudah ada 34 kampung yang sedang melengkapi berkas administrasi, mungkin hari ini ada penambahan, saya belum cek," ujarnya.

Selain berasal dari APBD Siak, anggaran ADD juga bertambah sebesar Rp34 miliar dari APBN. Sedangkan dari APBD Provinsi Riau, direncanakan sebesar Rp500 juta per kampung.

"Tapi kalau dari Pemprov itu belum, petunjuk teknisnya sedang dipersiapkan. Sampai saat ini kita belum dapat kepastian dari pihak provinsi, apakah sudah dapat dicairkan atau belum," pungkasnya.(jim/gor)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post