sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » » » » Peduli Narkoba, Kuansing Segera Miliku Pusat Pelayanan Pengobatan Narkotika

BeritaKuansing.com, Kesehatan - Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau Win Afrizal menyebutkan daerah tersebut akan segera memiliki pusat pelayanan kesehatan masyarakat khusus pencegahan dan pengobatan korban narkotika.

"Ini adalah program unggulan yang selama ini juga di harapkan oleh masyarakat, agar pecandu narkotika tidak susah lagi mendapatkan pengobatan di daerah tujuannya untuk mewujudkan rasa kepedulian," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kuantan Singingi Wim Jeprizal di Teluk Kuantan, Senin.

Ia mengatakan, balai pengobatan itu nantinya untuk pertama seperti klinik pengobatan dan pemeriksaan yang akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kuansing, baik terkait perizinan, tenaga Dokter dan fasilitas pendukung lainnya.

Klinik kesehatan untuk pemeriksaan dalam rangka mengatasi gejala pecandu obat - obatan yang bakal merusakgenerasi muda daerah, jika hal ini berhasilmaka merupakan satu -satunya BNNK di Riau yang bakal memiliki klinik khusus ini.

" Saya menilai begitu besar manfaatnya jika " Klinik Pratama " ini terbentuk tahun 2016 mendatang tentu juga dapat meminimalisir biaya perobatan korban narkotika dan sebagai bukti kemajuan daerah atas perhatian pemerintah setempat," sebuntnya.

Banyak pecandu yang ingin berobat tetepi selama ini masih terlihat segan dan bahkan yang yang sudah mau di rehabilitasi diantar ke Pekanbaru melalui proses rujukan ke sejumlah rumah sakit yang telah memiliki Dokter spesialis sehingga warga menilai prosedurnya lambat, dengan didirikan klinik ini diharapkan bisa membantu untuk tahap awal.

BNK telah memiliki tenaga teknis untuk itu, namun untuk membantu nantinya akan segera merekrut tenaga kedokteran khususnya spesialis bidang fisiotrapi sehingga tujuan pencegahan dan pengobatan akan tercapai, sementara tenaga kesehatan akan bekerja sama dengan dokter rumah sakit.

" Kami saat ini sedang melakukan proses perampungan balai pengobatan itu," sebutnya.

Tentunya dalam hal ini pihak BNNK membuat suatu kesepakatan kerja dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah, jika ada kendala maka meminta pemerintah setempat untuk memfasilitasinya sehingga tujuan sosial ini bisa berjalan lancar khususnya fasilitas pendukung dan perizinannya.

Pihak BNK telah mengambil langkah maju untuk itu seperti telah menyediakan tempat khusus yakni di kantor BNNK setempat khususnya lantai dasar perkantoran sehingga mudah dijangkau masyarakat, menyiapkan persyaratan administrasi, upaya merekrut tenaga medis yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan dan pencegahan.

" Jika semua terealisasi awal tahun 2016, maka BNNK setempat adalah satu satunya di Riau telah memiliki klinik khusus pelayanan pecandu dan pemeriksaan kesehatan para pecandu narkoba," terangnya.

Atas prestasi berbagai program yang di realisasikan itu, BNNK telah mendapatkan penghargaan dari pusat, namun demkian besarnya perhatian Pemerintah Daerah Kuansing juga selama ini sangat di apresiasi, namun kedepan wujud perhatian itu tidaklah berkurang karena untuk membantu warga Kuansing sendiri.(man/anr)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post