sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » » » » Belum Kantongi Izin, PT. Indo CBM Dipinta Hentikan Aktifitas Penambangan di Ukui

BeritaPelalawan.com, Hukum - Sekitar 1.300 warga Desa Lubuk Kembang Sari, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau menandatangani surat penolakan ekplorasi tambang gas metan oleh PT. Indo CBM Limited di daerah itu. Hal ini karena diduga aktifitas penambangan yang dilakukan secara ilegal dan berada di lingkungan warga, sehingga bisa membahayakan.

Penolakan tersebut disampaikan warga secara langsung kepada anggota Komisi A DPRD Riau Sugianto yang melakukan kunjungan reses, Minggu (16/8/2015). 

Warga mengaku tak pernah mendapat sosialisasi mengenai rencana pengeboran. Bahkan izin penambangan diduga juga belum dikeluarkan pihak berwenang. Warga mengancam akan melakukan aksi anarkis jika perusahaan tetap melakukan aktifitas penambangan.

Kepada Wartawan, Sugianto mengaku sudah meninjau langsung keberadaan perusahaan tersebut. Warga khawatir kegiatan pengeboran gas metan ini berdampak fatal bagi warga dan lingkungan sekitar.

"Saya minta kepada pihak pemerintah dan perusahaan sebelum melakukan aktifitas harus sosialisasi terhadap adanya kegiatan penambangan tersebut, terutama dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Dinas Pertambangan. Mereka harus turun melihat kondisi tersebut," kata Sugianto.

Sebagai Komisi A, Sugianto berjanji akan memanggil pihak perusahaan agar menghentikan aktifitas sementara sebelum adanya kesepakatan dengan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

"Kami juga meminta pihak terkait jangan asal memberi izin. Karena ini menyangkut dampak bagi lingkungan setempat. Pemkab melalui BLH harus segera turun ke lokasi untuk menghentikan aktifitas perusahaan, agar suasana bisa kondusif dan tidak terjadi anarkis," pungkas politisi PKB ini.(cid)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post