sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » » » » Dalam 4 Hari, 6,5 Ha Lahan di Tambang Terbakar

BeritaKampar.com, Lingkungan - Dalam empat hari belakangan ini, di kecamatan Tambang terjadi tiga kali kebakaran lahan, dan luasnya mencapai 6,5 hektar.

"Untungnya api tersebut dapat dipadamkan dengan adanya kerjasama antara polri,TNI dan masyarakat " ujar kapolres Kampar AKBP Ery Apriono Sik melalui kapolsek Tambang  AKP Zuhry R Siregar kepada BeritaKampar.com  di Mapolsek Tambang dalam acara buka puasa bersama (1/6/15)

Diungkapkannya, kecamatan Tambang memang sangat rawan dengan kebakaran hutan dan lahan, terutama di daerah Rimbo Panjang dan sei pinang, sehingga dengan kondisi cuaca yang ekstrim membuat mudah terpicunya api dan kebakaran. Apalagi kondisinya lahan di kawasan ini lahan gambut 

Tiga kebakaran yang terjadi dalam minggu ini, pertama pada tanggal (28/6/15) yang lalu, di desa sungai Pinang, dua hektar lahan perkebunan warga yang belum diolah . Polisi beserta aparatur desa melakukan pemadaman "sekarang kita sedang melakukan penyidikan sumber dan penyebab api " ujarnya.

Kebakaran yang kedua terjadi pada tanggal (29/6/15), kebakaran ini terjadi di sei Pinang depan ponpes Gontor putri 7, lahan yang terbakar sekitar setengah hektar, dari penyidikan api diduga dari orang gila yang lewat dikawasan tersebut dan melempar puntung rokok.

Dan kebakaran yang ketiga, tanggal 30/6 hingga 1/7 kemarin,kebakaran ini terjadi di desa Rimbo panjang, kebakaran ini mencapai 2 hektar lebih dan apinya cukup besar hingga membuat tim kebakaran damkar menurunkan tiga armada, seluruh personil polsek Tambang, Koramil Kampar, aparatur kecamatan Tambang.

Kebakaran ini selain menimbulkan api yang cukup besar, juga menimbulkan asap yang menganggu masyarakat.

"Alhamdulillah akhirnya api dapat kita padamkan, dan pihaknya masih mengadakan penyidikan yang mendalam tentang penyebab ini " ujarnya

Selain upaya memadamkan api, pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan atau mengolah lahan mereka, dan berhati hati dengan benda benda atau hal hal yang bisa memicu munculnya api agar kebakaran bisa di hindari(kim)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post