sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » » » » Disbudparpora Bengkalis Terapkan Penilaian Festival Lampu Colok

BeritaBengkalis.com, Budaya - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) menetapkan beberapa kriteria penilaian pada festival lampu colok yang akan diselenggarakan mulai malam 27 Ramadan mendatang. 

Di antara kriteria penilaian itu adalah bentuk fisik bangunan, keamanan, ketertiban dan kreatifitas yang bernuansa Islami.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkalis, H Edwar mengatakan beberapa kriteria tersebut menjadi dasar penilaian pada hari H, mulai malam 27 Ramadan hingga malam Lebaran.

"Seperti penilaian dari sisi bangunan, yang kita nilai dari kekokohan bangunan, letaknya tidak membahayakan atau menggangu aktivitas pengguna jalan, serta ketinggian menaranya. Untuk ketinggian itu minimal 3.50 meter," papar Eduar, Minggu (28/6).

Sedangkan untuk penilaian keamanan, meliputi lebar kontruksi gerbang baik dari sisi kiri dan kalan jalan itu sekitar 5 meter, dan kebersihan di sekitar kontruksi menara (gerbang) serta yang jelas tidak boleh menggunakan badan jalan.

"Selain itu, aspek kriteria penilaian berikutnya, pesan dan kesan suatu bangunan yang dibangun bernuansa islami, keindahan lampu colok, kerapian menara dan lampu, kekompakan pengurus (panitia api colok) serta banyaknya lampung colok," jelasnya lagi.

Eduar mengungkapkan tradisi lampu colok menjelang lebaran ini, merupakan khasanah budaya yang dimiliki Kabupaten Bengkalis berjuluk Negeri Junjungan.(kar)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post