sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » Pengukuhan FKPM Tapung, Briptu David Raih Predikat Bhayangkara Bhabinkamtibmas

BeritaKampar.com, Hukum - Briptu David Gusmanto mendapatkan predikat sebagai anggota Bhayangkara pembina ketertiban dan keamanan masyarakat (Bhabinkamtibmas) terbaik satu tingkat polres Kampar, pemberian predikat Bhabinkamtibmas terbaik ini diserahkan oleh Dirbinmas Polda Riau  Kombes Pol Sugiono SH MH dalam kegiatan sosiialisasi keberadaan Bhabinkamtibmas di Masyarakat di Tapung (25/5) kemarin.

Selain David, dua anggota Bhabinkamtibmas lainnya Bripka Masri meraih predikat kedua anggota Bhabinkamtibmas Petapahan dan predikat ketiga Bripka Fauzan dari Bhabin Kota Garo.

Untuk ini, David gusmanto akan mengikuti seleksi bhabhin terbaik se polda Riau dan jika terpilih diikutikan bhabin terbaik tingkat polri.

Kapolres Kampar AKBP Ery Apriono SIk didampingi kasat Binmas Polres Kampar AKP Wirawan N. S.Ds. SIK  (26/5) menjelaskan, pemberian predikat Bhabinkamtibmas ini merupakan program Polri untuk hut bhayangkara 1 juli mendatang, dan yang terpenting adalah sebagai motivasi agar para bhabinkamtibmas ini mampu menjalankan tugasnya mendekatkan polisi dan masyarakat. "Karena penilaian utama adalah kinerja mereka, bagaimana anggota bhabhin ini bisa mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam  menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat serta dapat dukungan dari masyarakat, dan tiga bhabin kita ini terutama David sudah membuktikannya " ujarnya.

Penilaian ini dilakukan tim dengan menanyai langsung masyarakat setempat, serta catatan kegiatan kegiatan yang sudah dilakukan Bhabin tersebut, serta bagaimana ia membaurkan diri dengan persoalan persoalan masyarakat.

Dengan keberhasilan ini para bhabin ini mendapatkan reward berupa piagam dan kebijakan lainnya. Untuk itu Ery mengharapkan agar para anggota bhabin lainnya di Kampar juga melakukan hal yang sama dengan tiga bhabin ini.

"Kami juga menghimbau agar masyarakat memberikan dukungan kepada anggota Bhabin ditempat masing masing, karena otomatis menjaga keamanan desa " ujarnya.

Briptu David Gusmanto merupakan bhabhinkabtimas desa Teratak buluh dibawah Polsek Siak hulu, David  memang mempunyai keterlibatan cukup banyak dalam kegiatan masyarakat, dan dinilai mampu memprovokasi warga untuk melakukan kegiatan tibmas, seperti membentuk pemuda anti narkoba teratak buluh (panter), yang dmengajak pemuda dan masyarakat memberantas narkoba, selain itu David mendapat dukungan penuh dari masyarakat dibuktikan david dipercayakan menjadi Ketua pemuda Teratak Buluh,  Manager sepakbola (SSB) Teratak Buluh, Ketua koordinator mesjid raya Teratak Buluh, ketua  Komunitas volly dan badminton teratak Buluh "kalau masyarakat tidak percaya tidak mungkin dapat sekian banyak jabatan dimasyarakat seperti itu " ujarnya.

David juga ternyata selalu jadi pioner kegiatan sosial seperti penyelamatan warga hanyut, penyelamatan kebakaran dan sebagainya.

David sendiri  menyatakan, ini semua berkat dukungan masyarakat desa Tertaak Buluh, yang juga kampung halamanya sendiri. "Selain itu arahan dan bimbingan kasatbinmas selama ini banyak membantu saya untuk bisa berkomunikasi dengan masyarakat " ujarnya.

David menyatakan, ia punya misa agar masyarakat bisa menjadikan polisi bagian dari kehidupan masyarakat secara nyata, sehingga apapun porgram masyarakat maka polisi dipercayai untuk dilibatkan dan apapun progranm polisi maka masyarakat mendukung sepenuhnya, hingga kamtibmas itu menjadi nyata, bukan slogan. "Menimbulkan rasa percaya dan rasa satu bagian inilah yang mau saya tanamkan pada masyarakat " ujarnya. (kim)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post