sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » MTsN Kampar Panen Raya Sayur Bayam

BeritaKampar.com, Pendidikan - Guru dan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kampar melakukan panen raya sayur Bayam, di lingkungan sekolah, Senin (4/5). Panen raya ini dilaksanakan setelah seluruh murid selesai melaksanaan Ujian Nasional (UN).

Panen raya itu dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar  H. Fairus, Kasi Pendidikan Madrasah  Muhammad Yamin,  Kepala MTsN Kampar Muhammad Tibri.

Fairus dalam panen raya tersebut mengatakan, bahwasanya lahan sekecil apapun jika dikelola dengan baik, tentunya akan menghasilkan banyak manfaat. "Contohnya pada hari ini, kita bisa memanen hasil kebun siswa yang luasnya tidak seberapa, namun menghasilkan banyak sayur bayam," ujarnya.

Menurut Fairus jika hal ini bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat khususnya madrasah-madrasah di Kabupaten Kampar, tentunya warga masyarakat tidak perlu lagi membeli sayur-sayuran di pasar. "Oleh karana itu, mari kita tanami pekarangan-pekarangan dengan tanaman-tanaman yang produktif. Karena menanam pohon itu adalah ibadah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala MTsN Kampar Muhammad Tibri dalam kesempatan yang sama mengatakan, bahwasanya kebun sisiwa ini dikelola oleh mejelis guru dan siswa (oleh seluruh warga sekolah). "Yang mana dalam memanfaatkan lahan kosong di madrasah ini, kita menanam berbagai macam sayuran seperti sayur bayam, Kacang panjang, mentimun, pisang dan lain sebagainya," ujarnya.

Di pekarangan madrasah ini, pihak sekolah  juga menanam pohon-pohon yang produktif seperti mangga, metoa, lengkeng dan lain-lain. "Hal ini kita lakukan agar dilingkungan madrasah tetap asri, sejuk dan memberikan keyamanan tersendiri kepada seluruh warga madrasah, sambari juga mendukung program adiwiyata yang dicanangkan oleh Pemerintah saat ini," ujar Tibri. (kimet)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post