sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » » » » Hadapi UN Online Tingkat SMA Sederajat, Disdikbud Meranti Siap

BeritaMeranti.com, Pendidikan - Sebanyak 2693 siswa-siswi SMU sederajat akan mengikuti UN 2015 di Meranti. Siswa-siswi tersebut berasal dari SMA jurusan IPA sebanyak 614, jurusan IPS sebanyak 1016. Sedangkan MA jurusan IPA sebanyak 136 dan IPS sebanyak 296. dan total semua Sekolah menengah Atas sederajat yang akan mengikuti UN sebanyak 2693 orang siswa/i.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti, Drs M Arif, melalui Kabid Dikmen (Bidang Pendidikan Menengah) jumat (9/4) diruang kerjanya.

Ia menambahkan, jadwal UN untuk tingkat SMA, SMK dan MA akan dilakukan pada 13 sampai 15 April 2015.

Dalam menghadapi UN, Disdikbud Kepulauan Meranti telah melakukan persiapan pada awal tahun ajaran 2014-2015 dengan program sukses UN pada program itu, seperti melakukan penambahan belajar, melakukan uji coba bekerjasama dengan lembaga bimbingan belajar dan lainnya.

“Try out ini ada yang dilakukan di sekolah, Disdikbud Kabupaten dan Dinas Pendidikan Provinsi,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Meranti, Armansyah SPd menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan yang matang dalam pelaksanaan UN.Kata Armansyah, persiapan dalam menghadapi UN nantinya, sudah diadakan bimbingan terhadap guru mata pelajaran tingkat menengah yang mengikuti UN tahun ini, bimbingan yang dilakukan seperti pembahasan soal-soal ujian berdasarkan kisi-kisi ujian, yang sudah dilaksanakan Sabtu (7/3) kemarin selama tiga hari.

“Dalam menghadapi UN tahun 2015 ini, langkah kebijakan yang dilakukandari Disdikbud sendiri adalah melaksanakan bimbingan terhadap guru mata pelajaran tingkat menengah yang mengikuti UN, dalambimbingan tersebut dilakukan pembahasan soal ujian berdasarkan kisi-kisi ujian,”sebut Armansyah.

Ditambahnya, dalam persiapan untuk menghadapi UN nanti, pihaknya sudah mengadakan pertemuan dengan kepala SKPD dan setiap Kepala SMA yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Dan sudah dilakukan juga sosialisasi bimbingan terhadap guru mata pelajaran yang diujian nasionalkan, yakni guru yang mengikuti ujian nasional tersebut sebagai pengawas, dan tenaganya dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, kata Armansyah juga, sebelumnya sudah diadakan Try Out pada bulan Maret ini, dimanamateri soalnya dibuat oleh guru tingkat menengah di Kabupaten Meranti ini, bersama pengawas sekolah tingkat menengah.

“Untuk menunjang pelaksanaan UN Tahun ini, sebelumnya sudah diadakan Try Out pada bulan Maret ini, yang materi soalnya dibuat oleg guru tingkat menengah di Kabupaten Meranti,” papar Armansyah.

Dijelaskan, berikut mata pelajaran inti yang menyangkut Ujian Nasional Tahun 2015 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan MadrasahAliyah (MA) Jurusan IPA, diantaranya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan untuk Jurusan IPS diantaranya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

“Dengan digelarnya UN pada bulan April mendatang, dapat memberikan mutu kualitas UN itu sendiri untuk lebih ditingkatkan lagi, dan lebih berhati-hati lagi pada saat melakukan pengisian di lembar kerja jawaban, karena dalam pemeriksaan UN tersebut menggunakan system komputer,” harapnya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post