sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » » Dumai Expo Harap Prioritaskan UKM Lokal

BeritaDumai.com, Budaya - Pengurus Koperasi Jasa Pedagang Bukit Gelanggang di Kota Dumai Riau berharap pelaksanaan Dumai Expo 2015 bisa mengakomodir pedagang lokal dalam stand pameran usaha kecil menengah (UKM).

“Kami menilai pameran UKM lebih banyak diisi pedagang dari luar kota dengan memasang tarif tinggi untuk penyewaan stand, sehingga pedagang kecil lokal kurang diakomodir” kata Sekretaris Koperasi Jasa Pedagang Bukit Gelanggang Muhammad Yunus, Sabtu.

Menurutnya, panitia Dumai Expo terkesan memprioritaskan bisnis dalam pembukaan stand pameran UKM ini dan mengabaikan pedagang lokal yang setiap hari telah berjualan di lokasi pelaksanaan acara, yaitu di Taman Bukit Gelanggang, Jalan HR Subrantas.

Berbagai upaya telah ditempuh komunitas pedagang ini dengan menyampaikan aspirasi ke pihak panitia penyelenggara terkait penyesuaian tarif sewa stand pameran supaya tidak terlalu memberatkan.

“Perputaran uang selama acara ini kita yakini akan tinggi dan bisa mendorong terwujudnya peningkatan ekonomi masyarakat, namun sayangnya panitia lebih mementingkan bisnis dengan mengabaikan kemauan pedagang lokal,” ungkapnya.

Dia berharap pemerintah kota Dumai bisa memperhatikan nasib pedagang kecil dalam kegiatan rutin tahunan ini supaya ikut meramaikan dan mempromosikan produk unggulan dan kuliner khas daerah.

Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Kota Dumai Hendri Sandra mengatakan, keluhan masyarakat sudah ditindaklanjuti dengan meminta pihak pelaksana yaitu event organizer untuk menyesuaikan tarif sewa stand UKM.

Dirinya memastikan pelaksaaan Dumai Expo ini tidak akan merugikan masyarakat pedagang yang telah jualan setiap hari di lapangan tersebut karena tujuan kegiatan ini untuk promosi produk unggulan dan semarak hari jadi daerah.

“Ini hanya masalah komunikasi, dan kita akan carikan solusi keluhan tersebut karena Dumai Expo diadakan untuk ajang promosi berbagai produk unggulan daerah,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan Dumai Expo tersebut, kesiapan panita telah mencapai 90 persen dan sudah banyak peserta dari berbagai daerah ikut berpartisipasi dalam pameran yang direncanakan dibuka oleh Wali Kota Dumai Khairul Anwar ini pada Senin 27 April depan.

Panitia Dumai Expo 2015 telah menyiapkan 83 stand berukuran besar untuk instansi pemerintahan, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta, ditambah lebih seratusan tenda bagi pedagang kecil menengah.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post