sponsor

sponsor

Slider

Berita Terkini

POLITIK

HUKUM

EKONOMI

SOSBUD

KESRA

PEKANBARU

» » » Dinkes Pelalawan : 77 Depot Air Minum di Pelalawan Belum Miliki Sertifikasi

BeritaPelalawan.com, Ekonomi - Terkaitnya banyaknya depot air minum di Pelalawan yang belum bersertifikasi laik hygienis sanitasi, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan mengaku sudah melakukan pembinaan, dan melayangkan surat kepada pemilik usaha depot air minum.

Kita turun kelapangan, baik tim dinas maupun dari puskesmas-puskesmas masing-masing kecamatan. 

Bagi yang tidak atau belum bersertifikasi laik hygienis sanitasi, sudah kita surati. Ini kita lakukan sejak lama,"demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan dr. Endid R Pratikno, Rabu, 6 Mei 2015.

Dikatakan Endid, dari evaluasi yang dilakukan pihaknya, selama 2015, dengan cara turun langsung ke depot-depot air se kabupaten Pelalawan, ditemukan hampir separuh depot air di Pelalawan tidak memiliki sertifikasi laik hygiene sanitasi.

"Dari data kita, dimana kita sudah turun langsung kelapangan, ada 151 depot air di Pelalawan. Ada 55 depot air yang airnya layak minum, artinya sudah bersertifikasi layak minum tersebut. Sementara 19 depot air minum, masih dalam pemeriksaan laboratorium. Dan sisanya belum dilakukan pemeriksaan airnya, artinya ada 77 depot air yang belum diketahui apakah airnya layak minum atau tidak," terang dr. Endid.

Atas dasar itulah, kata Endid, pihaknya menyurati Satpol PP Pelalawan untuk dilakukan penertiban. "Penertibannya seperti apa, itu bukan wewang kami. Diskes juga tidak melihat apakah depot air itu memiliki izin operasional atau tidak, tapi kita melihat pada sertifikasi layak tidaknya air depot itu dikonsumsi," katanya.

Sertifikasi laik hygiene sanitasi tersebut, sangat penting bagi sebuah depot air minum. Karena menurut Endid, sertifikat tersebutlah penentu apakah air sebuah depot, layak diminum atau tidak. "Apalagi, air kita disini sangat rentan dengan bakhteri, terutama bakhteri ecolhy," sebutnya lagi. Ditambahkannya, layak tidaknya air untuk diminum, tidak bisa dilihat dengan kasat mata, harus dengan uji laboratorium.

Endid menghimbau, agar depot-depot air yang beroperasi di Pelalawan bekerjasama dengan diskes Pelalawan untuk melakukan uji laboratorium air depot masing-masing. Terhadap depot-depot air minum yang sudah dinyatakan layak minum, Diskes Pelalawan akan memberikan tanda, berupa stiker dari Diskes Pelalawan.(cid/kpn)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post